-->

Iklan

Halaman

FAI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO BEKERJA SAMA DENGAN RISTEK DIKTI LAUNCHING SIMAS WAQFUNA TAHUN 2021

09 November 2021, 2:40:00 PM WIB Last Updated 2021-11-09T07:40:46Z

 

Launching Simas waqfuna tahun 2021

Ponorogo, Suarawengker-Dalam pengelolaan wakaf produktif,  data  aset dan manajemennya menjadi tuntutan mutlak sehingga akurasi jumlah dan perkembangannya senantiasa dapat terlaporkan dan disampaikan kepada para stakeholder wakaf secara cepat, tepat dan realtime. Kenyataan ini sering diabaikan sehingga silang data tentang aset wakaf dan pengelolaan sering terjadi.

Pemaparan dari tim peneliti Universitas Muhamadiyah Ponorogo

Merespon kebutuhan para nadzir tentang pengelolaan data yang akurat, Universitas Muhammadiyah Ponorogo lewat Tim Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi yang terdiri dari Dr. Nurul Iman, M.HI., Adi Santoso, MM. dan Edy Kurniawan, MT.,  turut  mengupayakan solusi lewat pengembangan sebuah aplikasi atau sistem  bagi nadzir wakaf, yakni Sistem Informasi dan Manajen Aset (SIMAS) Waqfuna. Secara bertahap dan selama tiga tahun, sistem ini dikembangkan dan dibangun dengan mengacu kepada kebutuhual riil para pengguna yang digali melalui serangkain workshop, FGD, dan berbagai kunjungan kepada Lembaga nadzir Ponorogo.

Sistem yang dikembangkan selanjutnya diujicoba di tiga (3) Lembaga nadzir wakaf yakni Majlis Wakaf dan Harta Benda PD Muhammadiyah,  Yayasan Wakaf PPWS Ngabar Ponorogo, dan Yayasan Darul Fikri Kauman Ponorogo.  Majlis wakaf  merupakan represenasi Lembaga nadzir besar dengan  hamper 500 lokasi wakaf,  Yayasan Wakaf Pondok Ngabar  mewakili Lembaga menengah dengan 130 lokase/aset wakaf, dan Yayasan Darul Fikri merupakan representasi dari nadzir kecil dengan aset  kurang dari 20 lokasi. 

Dekan FAI Unmuh Ponorogo, Ayok Ariyanto pada  sambutannya mengucapkan terima kasih terhadap kerjakeras tim yang telah berjibaku selama tiga tahun terakhir untuk  membangun Simas Waqfuna ini. Selanjutnya beliau juga berpesan untuk melanjutkan  upaya tersebut dengan karya-karya lain yang untuk menyelesaikan problem dan masalah-masalah kemasyarakat dalam berbagai aspeknya. 

Launching SIMAS  Waqfuna hari ini  Selasa 9 Nopember 2021 merupakan tanda selesainya ujicoba sistem pada ketiga Lembaga tersebut, meski masih menyisakan  tugas untuk validasi lebih lanjut.  Data wakaf yang terus berkembang  turut membuka peluang untuk melakukan update data dan melakkukan penambahan. Karenanya, launching Simas ini bukan akhir tetapi  awal bagi pengembangan dan manajemen data wakaf produktif  dengan mengedepankan transparansi dan akuntabilitas manajemen. Wallahu A’lam.(tim peneliti/SW).

Komentar

Tampilkan

Terkini