Selamat Datang di situs berita online 'www.suarawengker.com' - info wilayah wengker - Email : suarawengker@gmail.com

"Adopsi Teknologi dan E-Commerce UMKM di Eks. Karesidenan Madiun berada pada klaster artisinal (rendah), masih perlu dioptimalkan lagi"


Dr. Rochmat Aldy Purnomo. SE.,M.Si sukses ujian terbuka

Ponorogo, Suarawengker,- Universitas Muhamadiyah Ponorogo semakin lama semakin bertaburan doktor, kali ini berasal dari Fakultas Ekonomi, Rochmat Aldy Purnomo telah menyelesaikan ujian promosi doktor dari Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas sebelas Maret/UNS Surakarta  (12/8/21)

Para promotor dan banyak yang hadir dalam  Ujian terbuka secara daring

Saat di konfirmasi wartawan, Dr. Rochmat Aldy Purnomo, S.E., M.Si. mengatakan bahwa pada hari ini Alhamdulillah telah selesai dan di berikan kelancaran oleh Alloh SWT Ujian promosi doktor ilmu ekonomi di UNS Surakarta.

"Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sumber pertumbuhan kesempatan kerja dan pendapatan. Dimensi 

kesiapan teknologi dan perdagangan slektronik (e-commers) berfungsi sebagai faktor penting dalam meningkatkan efektivitas faktor produksi, peningkatan produktivitas, dan meningkatkan daya saing." jelas Aldy. 

 Lebih lanjut beliau menjelaskan tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis pemetaan tingkat kemampuan kesiapan adopsi teknologi dan perdagangan elektronik (e-commerce) serta menganalisis karakteristik yang menpengaruhinya. Populasi penelitian Ini adalah pelaku UMKM di Eks. Karesidenan Madiun yang meliputi beberapa kategori yaitu bahan bangunan, kerajinan, logam, pangan, dan tekstil. 

"Teknik analisis menggunakan teknometer (TRL) dan ecommeter (ECRL) serta regresi multinominal logistik. Tingkat adopsi teknologi dan perdagangan elektronik UMKM di Eks. Karesidenan Madiun dibagi menjadi beberapa klaster, yaitu klaster artisinal, aktif, dinamis, dan maju."

"Secara umum, pada  tingkat kesiapan teknologi dan perdagangan elektronik,  ketika UMKM Eks. karesidenan Madiun baru  memulai memperhatikan  tingkat kesiapan adopsi  teknologi dan  perdagangan elektronik,  maka peranan pemilik  usaha, inovasi, dan  lingkungan usaha  menjadi sangat  menentukan  perkembangan UMKM  tersebut. Namun,  semakin meningkat  klasternya, maka inovasi sudah berjalan dengan  sendirinya (self  generating process of  inovation), dan peran  pemilik digeser oleh  peran organisasi karena  semakin tinggi tingkat klasternya, semakin luas  jangkauan usaha yang  harus diperhatikan,  semakin tinggi kualitas  SDM yang diperlukan,  semakin luas jaringan  usaha dan kompetisi yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, sinergi dari pemerintah daerah, lembaga pendidikan dan penelitian, serta UMKM perlu dioptimalkan sehingga apa yang menjadi program pemerintah dan program lembaga pendidikan serta penelitian, terkait industri dan UMKM, dapat sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan UMKM pada setiap klasternya", tegas Dr. Rochmat Aldy Purnomo, S.E., M.Si.(SW)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "Adopsi Teknologi dan E-Commerce UMKM di Eks. Karesidenan Madiun berada pada klaster artisinal (rendah), masih perlu dioptimalkan lagi""

Post a Comment