Selamat Datang di situs berita online 'www.suarawengker.com' - info wilayah wengker - Email : suarawengker@gmail.com

Masih Pandemi, SD Muhammadiyah Ponorogo Laksanakan MPLS Secara Daring



Ponorogo, Suarawengker,-Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dulu dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan pada setiap awal tahun pelajaran. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan kegiatan ini untuk  mengenalkan tentang almamater sekolah kepada peserta didik baru. 


Masa pandemi covid-19 yang kita alami dari satu tahun yang lalu, tentu saja berdampak pada semua aktivitas sekolah, termasuk di dalamnya kegiatan belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring. Begitu pula kegiatan MPLS-pun juga harus dilaksanakan secara daring. SD Muhammadiyah Ponorogo melaksanakan kegiatan MPLS selama tiga hari mulai hari Senin, 12 Juli 2021 sampai hari Rabu, 14 Juli 2021 melalui aplikasi Zoom. Seluruh siswa mengikuti kegiatan ini tetap diwajibkan melaksakan protokol kesehatan dan memakai seragam sekolah lengkap, meskipun dari rumah.


Pada hari pertama, kegiatan MPLS diisi dengan penayangan video sambutan Kepala SD Muhammadiyah Ponorogo dan perkenalan siswa dengan wali kelas yang baru. Dalam sambutannya Ibu Hj. Hartiningsih, S.Pd mengucapkan selamat atas kenaikan kelas yang sudah dicapai seluruh siswa, dengan harapan semoga anak-anak tetap semangat dalam belajar agar mendapatkan hasil yang terbaik. Selain itu juga menghimbau seluruh siswa agar selalu menerapkan protokol kesehatan di manapun berada serta untuk mengurangi mobilitas, agar siswa lebih banyak berkegiatan di rumah saja.


Pada hari kedua, kegiatan MPLS diisi dengan penanyangan video Pengenalan Fasilitas Sekolah. Pada video ini menampilkan seluruh bangunan dan pemandangan di SD Muhammadiyah Ponorogo yang bersih dan asri mulai dari pos satpam yang berada di bagian paling depan, sampai gedung paling belakang. Ketika kita memasuki gedung SD Muhammadiyah Ponorogo, kita akan disambut etalase dari kaca yang berisi ratusan piala prestasi seluruh siswa yang diletakkan di lobi sekolah. Video pengenalan fasilitas ini ditampilkan oleh tim waka kesiswaan dengan sangat jelas dan memudahkan semua siswa untuk mengetahui seluruh ruangan dan fasilitas yang ada di sekolah ini. Selain itu, dengan adanya pemutaran video ini, diharapkan bisa mengobati rasa rindu seluruh siswa kepada sekolah mereka. Hal ini dapat terlihat dari antusias seluruh siswa saat mengikuti zoom di MPLS hari kedua.


Pada MPLS hari terakhir, berisi penanyangan video pengenalan ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah Ponorogo. Ada beberapa ekstrakurikuler di sekolah ini, antara lain komunitas MIPA, Robotik, Drum Band, Dokter Kecil, Musik, Angklung, Tari, dan masih banyak yang lainnya. Dalam video ini juga menampilkan aktivitas siswa saat melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler. Dengan tujuan, agar seluruh siswa bisa dengan mudah memilik ekstrakurikuler yang mereka minati.

Ketua pelaksana sekaligus waka kesiswaan, Krisbiantoro, S.Pd berharap dengan MPLS yang dilakukan selama tiga hari ini, siswa bisa melatih mental disiplin, dan juga bisa mempererat tali persaudaraan dengan sesama teman. Tujuan yang lain dari MPLS ini adalah menjadi sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah ini, serta seluruh fasilitas, dan kegiatan yang ada.(Kris)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Masih Pandemi, SD Muhammadiyah Ponorogo Laksanakan MPLS Secara Daring"

Post a Comment