Selamat Datang di situs berita online 'www.suarawengker.com' - info wilayah wengker - Email : suarawengker@gmail.com

Dosen FE UMPO Melaksanakan Pembinaan Penyusunan Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba Pengurus LKSA Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo

Tim pengabdiaan masyarakat Umpo bersama Imam Fauzan pimpinan panti asuhan

Ponorogo, Suarawengker,  Dosen Fakultas Ekonomi  (FE) Universitas Muhammadiyah Ponorogo melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat pada Sabtu, 4 September 2021. Dosen Fakultas Ekonomi UMPO ini adalah Titi Rapini, SE.MM, Dra. Umi Farida, MM dan Rizki Listyono Putro, S.Pd, M.Ak, memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh pengurus panti asuhan dalam penyusuna laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan nirlaba. Pengabdian ini dilaksanakan di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo yang saat ini dibawah kepemimpinan Ustadz Drs. H. Imam Fausan, MM. 


Ketua Tim pengabdiaan Umpo Ponorogo Dra, Umi Farida, MM

Ketua tim pengabdian, Dra. Umi Farida, MM menjelaskan , “Menyusun laporan keuangan organisasi nirlaba sangatlah penting, karena tidak bisa terlepas dari pertanggungjawaban dana yang digunakan. Sehingga, organisasi nirlaba juga membutuhkan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan nirlaba. Namun organisasi nirlaba ini tentu berbeda dengan bisnis yang berorientasi pada profit, organisasi nirlaba mendapatkan dana dari sumbangan para donatur dan tidak memiliki target keuntungan yang besar pada operasional kegiatannya. Dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan pengurus panti asuhan mampu meningkatan literasi dan mampu menyusun laporan keuangan yang akuntabel dan transparan.

"Metode pembinaan menuntut adanya teknologi informasi, seperti jaringan internet serta kemampuan untuk menggunakan peralatan (pc) dalam melakukan penyusunan laporan keuangan."jelas Umi  

Sementara itu, pengurus sekaligus peserta pembinaan dari LKSA Tunanetra  Terpadu Aisyiyah Ponorogo, Mariati, sangat antusias dengan kegiatan pembinaan tersebut.  Menurutnya, dilaksanankannya pembinaan ini sangat bermanfaat dan sangat memberikan literasi keuangan untuknya. 

"para pengurus panti menjadi lebih paham tentang standar akuntansi keuangan nirlaba dan mampu menyusun laporan keuangan yang baik dan benar ," pungkasnya.

Walaupun kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan pada masa PPKM Covid-19,dalam pelaksanaannya tim dosen FE UMPO dan peserta menjalankan protokol kesehatan dengan sangat ketat.(tim umpo/SW)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dosen FE UMPO Melaksanakan Pembinaan Penyusunan Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba Pengurus LKSA Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo"

Post a Comment