www.suarawengker.com | Berbagi informasi tentang : Pemerintahan, Pendidikan, Kuliner, Ekonomi, Bisnis, Otomotif, Dewan, info Daerah

Aksi Kolaborasi Generasi Muda dan Yayasan AHM Bangun Negeri




Jakarta-Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) memperkuat dukungan pada peningkatan kualitas kontribusi generasi muda dalam membangun negeri melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Satu Hati di Universitas Jember (UNEJ), Jawa Timur. Hal ini sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan pemerintah untuk menyiapkan calon pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

 

Dukungan terhadap aksi nyata generasi muda yang bermanfaat bagi masyarakat secara berkelanjutan juga diwujudkan Yayasan AHM melalui seleksi Sustainable Development Goals (SDGs) Future Leaders, bekerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Berbagai ide kreatif dari sekitar 30 tim yang terpilih akan didukung Yayasan AHM secara pendanaan maupun pembinaan.

 

Menggandeng Universitas Jember (UNEJ) dan pemerintah Kabupaten Jember, KKN Tematik Satu Hati dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Informasi UNEJ - Prof. Drs. Bambang Kuswandi, M.Sc., Ph.D., Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin dan Bupati Jember yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Pemkab Jember Harry Agustriono, ATD., MT. Komitmen untuk berkontribusi pada pembangunan daerah diperkuat melalui penandatanganan Nota Perjanjian Kerjasama Yayasan AHM dengan UNEJ dalam bidang penelitian, pengembangan dan pengabdian masyarakat di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (2/3).

 

Mengusung Tema “Satu Hati Bersinergi Membangun Negeri”, KKN Tematik Satu Hati mengajak mahasiswa KKN untuk mengabdi dan berkontribusi bagi masyarakat dalam berbagai program unggulan seperti penanganan sampah hingga pengembangan perekonomian masyarakat desa.

 

Tahun ini, KKN Tematik Satu Hati berkomitmen mengembangkan desa Semboro, Kabupaten Jember, Jawa Timur bersinergi dengan Badan Usaha Milik Desa Amartha Semboro. Berbagai program akan dijalankan oleh para mahasiswa bersama masyarakat, seperti mencegah pencemaran lingkungan dan pemanfaatan limbah sampah menjadi bernilai bagi masyarakat sekitar melalui pengembangan bank sampah. Dalam bidang perekonomian, Yayasan AHM bersama para mahasiswa juga mengembangkan program budidaya magout dan lele, ternak ayam, eduwisata petik jeruk, serta pelestarian batik Semboro.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan selaras dengan tujuan SDGs, kolaborasi bersama berbagai pihak diharapkan mampu memberikan efek ganda dalam meningkatkan kompetensi dan pengalaman mahasiswa selama melakukan pengabdiannya kepada masyarakat yang memiliki dampak berkelanjutan.

 

"Kami ingin para mahasiswa dapat terjun langsung mendampingi masyarakat desa Semboro dengan program-program inovatif yang memberikan nilai ekonomi dengan bersinergi bersama berbagai pihak, sehingga hasil yang diperoleh semakin optimal dan dapat terus dikembangkan ke depannya," ujar Muhib.

Selain itu, para mahasiswa KKN juga dibekali dengan pelatihan safety riding dan pembentukan komunitas Dewan Riset Sekolah (DRS) untuk menjadi role model dan agent of change di lingkungan masyarakat.

 

SDGs Future Leaders

Selain KKN Tematik Satu Hati, Yayasan AHM konsisten mencari generasi penerus bangsa yang kompeten dan siap mengabdi bagi masyarakat melalui program SDGs Future Leaders. Kegiatan ini menjadi harapan bersama dalam mewujudkan aksi nyata dengan membangun daerah melalui ide kreatif yang mampu memberikan dampak bagi masyarakat secara berkelanjutan.

 

Menyaring 30 tim dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, sebanyak 5 tim dengan total 24 mahasiswa akan menjalankan programnya SDGs Future Leaders di masing-masing daerah sepanjang April-Desember 2024 dengan dukungan dana dari Yayasan AHM. Selain itu Yayasan AHM juga memberikan apresiasi kepada tim terbaik yang telah menjalankan program terbaiknya pada tahun lalu.

 

Pada tahap penjurian akhir, para peserta bersaing memaparkan program kontribusi sosial terbaiknya yang selaras dengan 17 tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) di depan para juri yang kompeten di bidangnya. Para juri menilai secara komprehensif mulai dari latar belakang masalah dan pemberian alternatif solusi, keunikan program, serta peran mahasiswa saat berpartisipasi di masyarakat sehingga memberikan dampak ekonomi, lingkungan dan sosial.

 

"Melalui program SDGs Future Leaders, kami berharap semangat Sinergi Bagi Negeri dari para mahasiswa mampu mewujudkan ide kreatif dalam upaya membangun negeri melalui berbagai program yang berdampak untuk masyarakat, terukur, mampu telusur dan berkelanjutan,” tutup Muhib.

 

Pada kesempatan yang sama, Yayasan AHM secara simbolis juga menyerahkan Beasiswa Pendidikan 2024 bagi Perguruan Tinggi di Tanah Air dengan total senilai Rp984 juta.

 

Beragam program ini didukung oleh PT Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing, PT Musashi Auto Parts Indonesia, PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, serta jaringan bisnis dan sepeda motor Honda PT Mitra Pinasthika Mulia sebagai Main Dealer regional Jawa Timur & NTT.

Dibaca :


Name

Bansos,1,Beri6,2,Berita,1312,Berita.kodim,15,Bisnis,66,Bupati,1,daerah,3,desa,5,Dewan,32,Ekonomi,50,Giat,217,kabupaten,1,Kasus,9,kodim,1,Kriminal,3,Kuliner,7,Laka - Lantas,4,Nasional,1,Otomotif,118,Pembangunan,80,pemerintah,515,pemerintah Ponorogo,12,pemerintah Ponorogo giat,1,Pemerintahan,213,Pendidikan,864,pendidikan giat,2,pendidikan pemerintah,2,pendidikan pemerintah Ponorogo,1,pendidikan ponorogo,1,Pertanian,1,Peternakan,1,Polisi,2,politik,1,polr8,1,Polres,1158,Polres Ponorogo,1,Polri,1304,polri pemerintah Ponorogo pendidikan giat,1,Polri-TNI,24,Polwan,1,Ponorogo,576,Ponorogo giat,1,ponorogo pemerintah,1,Ponorogo pendidikan,6,PTSL,1,Sosial,3,TNI,276,TNI-Polri,140,Ucapan,254,Utama,2,Wisata,26,
ltr
item
Suara Wengker: Aksi Kolaborasi Generasi Muda dan Yayasan AHM Bangun Negeri
Aksi Kolaborasi Generasi Muda dan Yayasan AHM Bangun Negeri
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMC50_WjUocwlie2wozt0FvNPv28D2brzbWQENLFURzraeN63VJWF1QlKUSZ6wYlE-dDsMH8Lx-A7TFqg1OCVCl7YoniO8MGYbR3vMdUrPjtHxfEYvX_RB_VfDJGWE4RCMBfnZh9PKV_FhmVs3KUqeGFJRL77JYy_6J6jKbYl2V1pgCBfMUhEU0pNuyfo/s320/IMG-20240304-WA0062.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMC50_WjUocwlie2wozt0FvNPv28D2brzbWQENLFURzraeN63VJWF1QlKUSZ6wYlE-dDsMH8Lx-A7TFqg1OCVCl7YoniO8MGYbR3vMdUrPjtHxfEYvX_RB_VfDJGWE4RCMBfnZh9PKV_FhmVs3KUqeGFJRL77JYy_6J6jKbYl2V1pgCBfMUhEU0pNuyfo/s72-c/IMG-20240304-WA0062.jpg
Suara Wengker
https://www.suarawengker.com/2024/03/aksi-kolaborasi-generasi-muda-dan.html
https://www.suarawengker.com/
https://www.suarawengker.com/
https://www.suarawengker.com/2024/03/aksi-kolaborasi-generasi-muda-dan.html
true
8364970414724867657
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy