www.suarawengker.com | Berbagi informasi tentang : Pemerintahan, Pendidikan, Kuliner, Ekonomi, Bisnis, Otomotif, Dewan, info Daerah

Begini Cara Merawat V-belt Motor Skutik Agar Tetap Awet

 


Surabaya, Suarawengker- Salah satu komponen pada sepeda motor jenis skuter matik yang harus diperhatikan adalah Continuous Variable Transmission (CVT). Apalagi memasuki musim hujan seperti saat ini, perawatan motor perlu dilakukan secara berkala agar performa motor tetap terjaga baik sebagaimana mestinya. Dengan melakukan perawatan CVT secara berkala, aktivitas keseharian bersama skutik kesayangan juga tidak akan terkendala.

“Kemudahaan pengoperasian skuter matik (skutik) membuat sepeda motor jenis ini banyak diminati oleh masyarakat. Dibalik kemudahannya, kita juga perlu mengetahui bagaimana perawatannya, salah satunya dengan mengenal kinerja van belt (V-belt). Komponen ini memiliki peran yang esensial pada skutik karena berfungsi menghubungkan mesin dan roda.” kata M Bondan Priyoadi selaku Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.

V-belt merupakan komponen yang tidak dapat dilihat langsung kondisinya oleh pengendara karena berada di dalam CVT, namun perannya sangat penting dalam menunjang performa skutik kesayangan konsumen Honda. V-belt merupakan komponen yang sangat penting bagi skutik sebagai penggerak roda. Kinerja mesin yang optimal tidak akan terasa bagi pengendara apabila v-belt berada dalam kondisi yang tidak prima. 

Penggunaan v-belt sebenarnya telah memiliki patokan umur optimal pemakaian, namun penggunaan setiap pengendara berbeda-beda. Berikut beberapa cara agar v-belt skutik tetap awet :

1. Rutin Cek V-belt

Untuk skutik Honda, v-belt harus dicek berkala pada penggunaan 8.000 Km. Secara teori, umur pakai komponen ini dapat menyentuh 24.000 Km dan setelah itu harus dilakukan penggantian. Namun hal tersebut bergantung terhadap gaya berkendara dari setiap pengendara. Kondisi ruang CVT yang kotor pun juga dapat memperpendek usia dari v-belt.

2. Hati-hati Dalam Menggunakan Aksesoris 

Meskipun aksesoris dapat membuat tampilan skutik semakin stylish, namun komponen yang tidak standar dapat beresiko merusak komponen lain. Untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, maka sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih aksesoris untuk sepeda motor anda. Sehingga secara kualitas pun tetap terjaga.

3. Penggunaan Skutik Secara Normal

Saat posisi skutik sedang langsam atau idle, sebaiknya pengendara tidak memainkan tuas gas. Ingat, sepeda motor yang anda gunakan bertransmisi matik, sehingga ketika anda memainkan tuas gas maka v-belt akan mengencang dan menggerakan roda belakang. Oleh karena itu, penggunaan fitur Idling Stop System (ISS) sangat disarankan dalam kondisi ini, sebab selain ramah lingkungan, irit bahan bakar, juga dapat memperpanjanh umur v-belt skutik anda.

“ Pengecekan secara berkala di AHASS sesuai dengan buku panduan servis sangat kami sarankan agar kondisi v-belt tetap prima dan ditangani oleh teknisi yang tepat. Namun, saat musim penghujan konsumen bisa melakukan servis dan membersihkan CVT kurang dari waktu tersebut. Apalagi saat motor habis melewati genangan atau jalan yang banjir. Segera lakukan perwatan motor di bengkel AHASS terdekat.” tambah Bondan.

Konsumen Honda dapat melakukan perawatan motor Honda atau pembelian oli dan spare part Honda Genuine Part di AHASS dengan jaminan kualitas dan keasliannya. Lokasi AHASS dapat dilihat di website www.mpmhondajatim.com. 

Di gebyar akhir tahun ini, bagi konsumen booking service akan mendapatkan voucher diskon senilai 20 ribu untuk jasa service, pembelian part dan oli yang ada di aplikasi brompit.

Aplikasi Brompit mempermudah konsumen sepeda motor Honda dalam mengenali dan juga merawat sepeda motor konsumen dimulai dengan layanan booking service tanpa antre, layanan Honda Care dan masih banyak lagi, semua itu bisa didapatkan dengan mudah melalui aplikasi yang bernama Brompit dan sudah tersedia di Google Plays dan App Store. 

Selain booking service , MPM Honda Jatim beserta jaringan bengkel AHASS juga ada layanan Pit Express yakni berupa layanan khusus untuk penggantian ban, oli dan fast moving parts lainnya seperti busi, gear seat dan lain-lain cepat tanpa antri. Konsumen tidak perlu menunggu lama untuk mengganti ban motornya.

Berbagai layanan perawatan yang diberikan kepada konsumen seperti layanan booking service. Konsumen dapat melakukan booking service terlebih dahulu melalui aplikasi Brompit. Dengan booking service, konsumen akan dilayani dan tidak perlu menunggu lama.

Dibaca :


Name

Bansos,1,Beri6,2,Berita,1312,Berita.kodim,15,Bisnis,66,Bupati,1,daerah,3,desa,5,Dewan,30,Ekonomi,50,Giat,217,kabupaten,1,Kasus,9,kodim,1,Kriminal,3,Kuliner,7,Laka - Lantas,4,Nasional,1,Otomotif,115,Pembangunan,80,pemerintah,514,pemerintah Ponorogo,12,pemerintah Ponorogo giat,1,Pemerintahan,213,Pendidikan,861,pendidikan giat,2,pendidikan pemerintah,2,pendidikan pemerintah Ponorogo,1,pendidikan ponorogo,1,Pertanian,1,Peternakan,1,Polisi,2,politik,1,polr8,1,Polres,1158,Polres Ponorogo,1,Polri,1297,polri pemerintah Ponorogo pendidikan giat,1,Polri-TNI,24,Polwan,1,Ponorogo,576,Ponorogo giat,1,ponorogo pemerintah,1,Ponorogo pendidikan,6,PTSL,1,Sosial,3,TNI,269,TNI-Polri,140,Ucapan,227,Utama,2,Wisata,26,
ltr
item
Suara Wengker: Begini Cara Merawat V-belt Motor Skutik Agar Tetap Awet
Begini Cara Merawat V-belt Motor Skutik Agar Tetap Awet
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibYQiWPByGtvBwGszkPKc4dIloRRiWdwn3LTKFT3ibexR3nhiDKGHt9O19oRosSz2QeK-GCDQaz1leb7x5IXv_wTBbEG7WyzuV_aEt4tx5vR33sjmVoRsVMtpT0N7YoD04fBq6bmFjsrwRS1CA7KmBGdnMRR0Rl1ulVW_OYgD9S_h6aRQLJV8L6OuM/s320/IMG-20221228-WA0036.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibYQiWPByGtvBwGszkPKc4dIloRRiWdwn3LTKFT3ibexR3nhiDKGHt9O19oRosSz2QeK-GCDQaz1leb7x5IXv_wTBbEG7WyzuV_aEt4tx5vR33sjmVoRsVMtpT0N7YoD04fBq6bmFjsrwRS1CA7KmBGdnMRR0Rl1ulVW_OYgD9S_h6aRQLJV8L6OuM/s72-c/IMG-20221228-WA0036.jpg
Suara Wengker
https://www.suarawengker.com/2022/12/begini-cara-merawat-v-belt-motor-skutik.html
https://www.suarawengker.com/
https://www.suarawengker.com/
https://www.suarawengker.com/2022/12/begini-cara-merawat-v-belt-motor-skutik.html
true
8364970414724867657
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy