-->

Halaman

Momentum Idul Adha, Polsek Babadan Lasanakan Penyekatan Mobilitas Hewan Ternak

08 July 2022, 1:51:00 PM WIB Last Updated 2022-07-08T06:51:44Z

 



Ponorogo-Dalam momentum Hari raya kurban,jajaran Polsek Babadan Polres Ponorogo melaksanakan Penyekatan Mobilitas Hewan Ternak sapi dan kambing untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku )diDesa Sukosari Kec.Babadan Kab.Ponorogo.Jumat(08/07/2022)


Kapolres Ponorogo AKBP Catur Cahyono Wibowo melalui Kapolsek Babadan Iptu Yudi Kristiawan.S.H.M.H. mengatakan, penyekatan dilakukan berkoordinasi dan kolaborasi dengan Koramil,Dishub kab.Ponorogo dan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Ponorogo.


"Ada beberapa titik Pos check Point yang tersebar di Kabupaten Ponorogo guna Antispasi   penyebaran  penyakit mulut dan kuku."ujarnya


Menurut dia, penyekatan tersebut intensif dilakukan menjelang momentum Idul Adha yang biasanya lalu lintas ternak meningkat seiring tingginya kebutuhan sapi dan kambing untuk berkurban.


Dalam penyekatan tersebut, timnya yang bertugas memastikan hanya hewan ternak sapi dan kambing sehat yang boleh masuk wilayah Kabupaten Ponorogo

Selain diperiksa secara fisik oleh petugas saat penyekatan, hewan ternak sapi dan kambing yang sehat itu ditunjukkan dengan surat jalan atau keterangan dari Dinas Peternakan wilayah asal.


"Jadi mohon maaf, jika ada pedagang atau sopir yang tidak dapat menunjukkan surat sehat dari dinas peternakan asal, terpaksa harus putar baik," kata dia.


Pihaknya juga mengimbau pemilik ternak untuk tidak melakukan transaksi jual beli di pasar hewan karena berisiko mempercepat penularan penyakit PMK.


."Kami akan terus memasifkan pelaksanaan penyekatan tersebut dengan pihak pemkab. Dengan Harapan Vaksinasi hewan ternak  segera cepat hingga  aman menjelang hari raya kurban," katanya.


Selama kegiatan berlangsung aman,lancar dan kondusif 


(**19/YY)

Komentar

Tampilkan

Terkini