Selamat Datang di situs berita online 'www.suarawengker.com' - info wilayah wengker - Email : suarawengker@gmail.com

Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) – Unmuh Ponorogo "BENTUK KOMUNITAS KEWARGAAN UNTUK MENGAWAL KEBIJAKAN DAERAH"

 

Hadi Cahyono ,M.Pd  kaprodi PPKn Unmuh Ponorogo

Ponorogo ,Suarawengker,-Program Studi PPKn sebagai salah satu program studi terakreditasi A (Unggul) terus berbenah dan melakukan penyempurnaan dalam proses pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya adalah penguatan softskill mahasiswa yang dibentuk dalam rangka menyiapkan lulusan dari program studi PPKn agar siap beradaptasi dalam kehidupan bermasyarakat yaitu dengan membentuk komunitas kewargaan yang merupakan implementasi dari kelompok mata kuliah politik dan pemerintahan.  

Sunarto S.Pd ketua DPRD kabupaten Ponorogo

“Dengan adanya komunitas kewargaan di program studi PPKn, nantinya lulusan selain disiapkan menjadi guru PPKn profesional juga disiapkan untuk siap bekerja di bidang pemerintahan, komunitas, LSM, bahkan di partai politik” ujar ketua program studi PPKn bapak Hadi Cahyono, M.Pd. Sebagai bentuk inisiasi pembentukan komunitas kewargaan ini diadakan pelatihan penguatan partisipasi politik dalam mengawal kebijakan publik dengan salah satu pembicara yaitu Pimpinan DPRD Kabupaten Ponorogo, Sunarto, S.Pd 

Dalam penyampaian materi yang diberikan pimpinan DPRD Kabupaten Ponorogo beliau memberikan apresiasi dalam kegiatan pelatihan yang diadakan oleh program studi PPKn karena dengan adanya pelatihan ini mahasiswa tidak lagi bersikap cuek dan masa bodoh terhadap segala kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, tetapi terus mengawal mulai dari pembentukan sampai dengan implementasi di lapangan. 

Aktivitas pelatihan partisipasi politik dalam mengawal kebijakan publik oleh prodi PPkn(19-20 Juni 2021) 

Pelatihan yang telah diselenggarakan selama 2 hari (19-20 Juni 2021) membekali mahasiswa dalam segala aktivitas advokasi kebijakan publik mulai dari menggalang sekutu, mempengaruhi pembuat kebijakan, merancang strategi, memilih isu, membentuk opini, sampai dengan membangun basis gerakan. 

Selanjutnya Dekan FKIP, Dr. Ardhana Januar Mahardhani, M.KP. sangat mendukung pelatihan yang telah diselenggarakan dan pembentukan komunitas kewargaan yang dilakukan oleh Program studi PPKn ini, tentunya segala aktivitas positif yang telah diselenggarakan akan memperkuat keberadaan Program studi PPKn sebagai salah satu prodi strategi yang unggul dalam membawa calon lulusan agar semakin mempunyai tempat di daerah dan nasional. 

PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TELAH DIBUKA

Program studi PPKn Unmuh Ponorogo masuk dalam 20 besar secara nasional program studi PPKn terakreditasi A (Unggul) dari 130 program studi PPKn di seluruh Indonesia. Program studi PPKn memiliki tenaga pengajar 1 profesor, 3 doktor, 4 magister yang saat ini sedang menempuh program doktor. Keluasan bidang kajian dalam program studi PPKn menjadikan profil lulusan dari program studi PPKn adalah sebagai guru profesional, operator pemberdayaan masyarakat desa, pelaku entrepreneur, dan asisten peneliti bidang kewarganegaraan masyarakat. Selain itu program studi PPKn juga telah menyelenggarakan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka melalui berbagai aktivitas diantaranya kampus mengajar, pertukaran pelajar, asistensi mengajar, serta KKN tematik. Informasi kegiatan program studi PPKn dapat dilihat melalui media sosial instagram: prodi_ppknumpo atau melalui website http://ppkn.umpo.ac.id/ dan CP Prodi. 082338865098(PPKn Umpo).


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) – Unmuh Ponorogo "BENTUK KOMUNITAS KEWARGAAN UNTUK MENGAWAL KEBIJAKAN DAERAH""

Post a Comment