Selamat Datang di situs berita online 'www.suarawengker.com' - info wilayah wengker - Email : suarawengker@gmail.com

Panorama Wisata Alam wurung-wurung Mangge desa Gegeran,jika sudah tersentuh investor bisa bikin Geger Ponorogo



Sugeng Hariadi kepala desa Gegeran di depan situs wurung-wurung mangge

Sukorejo, suarawengker,-Desa Gegeran yang berada di kecamatan Sukorejo ternyata memiliki potensi wisata alam yang belum terjamah oleh khalayak ramai,wisata alam tersebut yaitu Terowongan Gunung Mangge atau Wurung – Wurung Mangge. Terowongan ini bisa di katakan Situs yang berupa saluran irigasi ini mempunyai panjang sekitar 800 meter, dan masih berfungsi mengaliri area persawahan di empat desa,Situs ini mirip goa ini berada 17 meter di bawah permukaan tanah, dan diduga telah ada sejak zaman kuno. 

Murjito sesepuh desa Gegeran

Salah satu warga desa Gegeran yang bernama Murjito mengatakan bahwa Dari cerita – cerita nenek moyang warga desa, Wurung – Wurung Mangge mempunyai kisah yang mirip dengan legenda Bandung Bondowoso.



Wurung ini terbentuk ketika Ki Ageng Mangge mengadakan sayembara, siapa saja yang mampu mengalirkan air sungai ke ladang pertaniannya dalam waktu semalam, maka akan dijadikan menantunya. Ada dua yang mengikuti sayembara, yaitu Ki Joko Dolok dan Ki Jogo Dongos. Ki Joko Dolok membuat saluran air namun tidak sampai ke ladang. Sedangkan Ki Joko Dongos mampu membuat irigasi, namun dibuat di bawah tanah,jelas  Murjito.

Lebih lanjut Murjito menjelaskan akhirnya sayembara dimenangkan Ki Joko Dongos, namun Putri Ki Ageng Mangge menolak Ki Joko Dongos. Pembuatan saluran dihambat dengan mengibarkan kain merah dan membuat kegaduhan berupa suara orang menumbuk padi. Hampir sama dengan Legenda Bandung Bondowoso. Namun kalau yang ini sudah berhasil, tapi tetap saja ditolak.

Terowongan hasil jerih payah Ki Joko Dongos itu kini berfungsi sebagai saluran irigasi yang sangat bermanfaat bagi warga desa. Oleh karena itu, warga selalu menjaga kelestarian terowongan.

Sementara itu Sugeng Hariadi kepala desa  Gegeran saat bertemu wartawan mengatakan bahwa Warga dan Pemerintah Desa berupaya mengembangkannya sebagai potensi wisata,dan berharap pihak terkait maupun investor bisa datang untuk mengembangkan situs terowongan itu.kami mempersilahkan siapa saja untuk membantu melestarikan dan mengembangkan Wurung – Wurung Mangge,Selain terowongan, Desa Gegeran juga menyimpan potensi wisata lain sebagai penunjang, yakni Bendungan Mangge dan tentu saja Gunung Mangge,jelas Sugeng Hariadi(SW)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panorama Wisata Alam wurung-wurung Mangge desa Gegeran,jika sudah tersentuh investor bisa bikin Geger Ponorogo"

Post a Comment